Belajar Kreasi Puisi Sejak Kecil

Oleh Yeti Kartika Lestiyono
.
Abinaya Ghina Jamela atau disapa Naya, seorang gadis berusia tujuh tahun yang sudah menerbitkan satu buku kumpulan puisi berjudul “Resep Membuat Jagat Raya”.
Berisi 59 puisi yang ia tulis sejak usia lima tahun, atau sejak ia bisa membaca dan menulis. Buku ini juga dilengkapi 22 sketsa/lukisan karyanya sendiri. Menggambarkan kecerdasan Naya, luar biasa untuk ukuran anak yang masih belia.
Karya ini tidak muncul begitu saja, tetapi hasil dan kegemaran juga ketekunan Naya bermain-main serta meramu.
Bunda Naya menulis pengantar dalam buku ini, dan kalimat awalnya sangat berkesan:
Kuberi putriku petualangan pertama,
ensiklopedia dunia.
Naya sangat gemar membaca, menulis, melukis, memasak, ngomong-ngomong konyol, menonton film di bioskop, dan bermain ludo. Naya bercita-cita ingin menjadi koki yang bisa keliling dunia; menulis buku yang bisa difilmkan.
.
Berikut ini contoh puisi Naya:
Ambil sebutir proton / yang sangat kecil / lebih kecil dari pasir / lalu lempar ke tempat jauh / dan meledak lebih hebat / dari letusan gunung merapi / muncul jagad raya kosong / seakan rumah ditinggal penghuni … (Resep Membuat Jagat Raya, halaman 1)
Aku suka menulis puisi, / biar dimuat di koran. / Aku ingin mengajak bunda / ke Paris, melihat lampu kota / dan menulis puisi. / Menulis puisi menyenangkan. / Ada mawar, gajah, nenek, bunda, / juga naga. Aku bisa menulis apa saja. (Aku Seorang Penulis, halaman 43).
Aku sebutir sampah dan aku menjijikkan. / Banyak lalat mendatangiku, banyak orang / membuangku di tempatnya, / tapi banyak juga orang membuangku sembarangan. / Sampah seperti semut, juga bisa / seperti beruang. Jika dicium baunya / membuat hidung sakit. Makanya aku / akan selalu membuang sampah di tempatnya. / Ingat, jangan buang sampah sembarangan. Sayangi lingkungan! (Sampah, halaman 80).
.
Buku ini adalah jagat raya yang diciptakan Naya dari kacamata kanak-kanak, tidak hanya untuk dirinya, tapi untuk semua orang. Dua tahun waktu yang cukup panjang dan Naya selalu bersungguh-sunngguh di sepanjang prosesnya. Naya berkeinginan, dengan buku ini, akan lahir jagat raya-jagat raya lain dari tangan-tangan mungil.
.
(Satelit Post, 8.10.2017)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s