Categories
Resensi Film dan Buku

Nazi dan Yahudi

Suatu sore, aku sendirian. Tidak tau mau mengapa. Lalu bunda menyalakan laptop. Aku bertanya dalam hati, ‘kita akan menonton apa?’. Lalu ada tulisan The Zookeeper’s Wife. Aku menatap laptop. Aku bicara, bunda mundur tapi aku maju. Sayangnya, bunda melihat handphone. Lama-kelamaan ia tertidur.

Kebun binatang Warsawa di Polandia sangat ramai. Anak-anak senang berkeliaran dengan bebas. Binatang juga berlari di dalam kandang. Monyet berteriak sambil bergelantungan. Warsawa ibukota Polandia, dekat dengan Jerman. Polandia juga termasuk dalam benua Eropa, berdekatan dengan Jerman, laut Baltik, Slowakia, dan Ukraina. Sepertinya Polandia yang pertama kali dimasuki oleh Jerman saat perang. Dan di sana ada seorang istri penjaga kebun binatang yang menyayangi semua binatang di kebun binatangnya.

Banyak cerita tokoh Hitler dan Nazi di film, The Boy with the Striped Pajama, Anne Frank, dan The Beautifull Life. The Boy with the Striped Pajama bercerita tentang seorang anak jendral Nazi yang mempunyai teman anak Yahudi. Sementara film Anne Frank tentang seorang gadis yang menulis diari dan ditangkap tentara Nazi. Tapi apa salah para Yahudi, hingga para Nazi menyuruh mereka bekerja keras, hanya diberi makan sedikit roti, dikucilkan, dan dimasukkan ke ruang gas? Apakah mereka hidup nyaman? Tentu tidak. Pasti mereka sangat menderita. Untunglah perang segera berakhir. Hitler dan tentara Nazi kalah perang.

Istri penjaga kebun binatang kota Warsawa yang baik itu, menolong banyak sekali Yahudi. Mereka menyalamatkan para Yahudi meski mereka bukan Yahudi. Mereka menolong 300 orang Yahudi di rumah mereka. Ada yang menginap dua hari lalu pindah ke rumah baru. Tetapi ada yang tidur di rumah penjaga kebun binatang sampai perang selesai. Orang-orang harus saling menolong.
2017

By Abinaya Ghina Jamela

Dilahirkan di Padang, 11 Oktober 2009. Buku pertamanya, Resep Membuat Jagat Raya: Sehimpun Puisi, diterbitkan Kabarita, 2017. Buku tersebut mengantarkan Naya memperoleh penghargaan Tanah Ombak Award, Penulis dan Buku Puisi Puisi Terfavorite 2017 versi Goodreads Indonesia, Longlist Kusala Sastra Khatulistiwa 2017 untuk kategori Buku Perdana, dan perwakilan Provinsi Yogyakarta dalam pemilihan Kehati Award 2018 kategori Tunas Lestari Kehati, Kementerian Lingkungan Hidup. Naya juga menulis buku-buku; Aku Radio bagi Mamaku: Kumpulan Cerita (2018), Mengapa Aku Harus Membaca? :Tulisan Non Fiksi (2019) dan Rahasia Negeri Osi: Novel (2020). Naya juga merupakan penggagas komunitas Rumah Kreatif Naya dan komunitas Sahabat Gorga.
Naya bisa dijumpai melalui akun Facebook, Instagram, dan Twitter, Abinaya Ghina Jamela

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s