Panggil Saja Aku, Naya

Namaku Abinaya Ghina Jamela. Aku dilahirkan di Padang, Sumatera Barat, 11 Oktober 2009.  AKu punya banyak sekali cita-cita. Aku ingin menjadi chef, astronot, fisikawan, pelukis, pianis, komikus, detektif, pesilat, dan masih banyak lagi. Cita-citaku  itu biasanya menyesuaikan buku yang sedang aku baca. Aku suka sekali membaca. Membaca menyenangkan. Ketika aku membaca,aku bisa kemana saja.

Siapa penulis kesukaanku? Sudah tentu pertama, Pramoedya Ananta Toer. Aku sudah membaca beberapa karya eyang Pram. Tapi buku eyang Pram yang pertama aku baca, Calon Arang. Setelah itu, aku membaca buku apa saja yang menurutku asik. Ada Gadis Pantai, Bumi Manusia, Panggil Aku Kartini Saja, dan sekarang, aku mencoba untuk membaca buku-buku eyang Pram yang lain.

AKu juga menyukai cerita silat karya Jin Yong. Aku bisa membaca 12 jilidnya hingga empat kali. AKu jadi ingin ke gunung Wudang dan belajar silat. Aku juga suka karya-karya Steinbeck Ernest, Eco, Orwel, Roald Dhal, Dickens, Pamuk, Tolkien, Rowling, dan banyak penulis lainnya. Aku banyak belajar ketika membaca karya-karya mereka. Aku ingin bisa menulis seperti mereka.

Aku bercita-cita ingin membangun sebuah sekolah yang menyenangkan untuk anak-anak. Di sekolah itu, anak-anak tidak harus bangun terlalu pagi, tidak harus belajar dan duduk di kelas yang membosankan, tidak harus mengerjakan banyak tugas-tugas yang tidak pernah diperiksa. Di sekolah itu, anak-anak harus banyak bermain. Kalau kata om Mimo, belajar dan bermain.

Aku, bunda, dan om Mimo juga mendirikan komunitas Rumah Kreatif Naya, yang pusat kegiatannya di kampung halamanku, Sumatera Barat. Di sana, anak-anak bisa membaca dan bermain dengan menyenangkan. Kami juga mendirikan Sahabat Gorga. Sahabat Gorga bertujuan untuk membantu anak-anak menulis dengan menyenangkan. Sudah saatnya anak-anak menulis untuk diri mereka sendiri. Aku, bunda, dan om Mimo percaya, anak-anak juga bisa menulis yang bagus. Bahkan lebih cerdas dari orang dewasa. Aku dan tim Sahabat Gorga berkunjung ke sekolah-sekolah untuk bermain dan belajar menulis bersama teman-teman di sana. Karya mereka bisa teman-teman baca di http://www.sahabatgorga.com

Resep Membuat Jagat Raya adalah buku puisi pertamaku yang diterbitkan pada bulan Januai, 2017 oleh penerbit Kabarita. Buku tersebut berhasil meraih penghargaan Tanah Obak Award, nominasi Kusala Sastra Khatulistiwa tahun 2017 untuk kategori buku pertama dan kedua. Buku tersebut juga menjadikan aku sebagai Penulis Puisi Tervaforit, dan Buku Puisi Terfavorit Anugerah Pembaca Indonesia 2017 yang diadakan oleh Goodreads Indonesia. Buku itu juga memngantarkan aku memperoleh anugerah KEHATI Award kategori Tunas Lestari Kehati, 2018, dari Kementerian Lingkugan Hidup. Oktober 2018, buku keduaku diterbitkan. Judulnya, Aku Radio bagi Mamaku. 

Teman-teman bisa menghubungiku melalui akun FB Abinaya Ghina Jamela, Instagram @naya_ghinajamela, atau melalui email ke nayaghinajamela@gmail.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s